makalah kewirausahaan KERIPIK JAGUNG ANEKA RASA
Kata
pengantar
Puji
syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan anugerah-Nya
sehingga saya sebagai penyusun dapat menyelesaikan makalah kewirausahaan biologi
yang berjudul “KERIPIK JAGUNG ANEKA RASA”
Makalah
kewirausahaan biologi yang penulis susun ini ditunjukan untuk memenuhi tugas
mata kuliah Kewirausahaan Biologi. Tidak lupa pula ucapan terima kasih penulis sampaikan
kepada dosen pengampu dan kepada semua pihak yang dengan caranya masing-masing
untuk membantu kami.
Tiada
karya manusia yang sempurna, demikian juga dalam penyusunan makalah ini. Oleh
karena itu, saran dan kritik yang mengarah pada perbaikan makalah ini sangat
saya harapkan baik dari dosen maupun teman-teman ataupun para pembaca yang
sangat kami harapkan untuk kesempurnaan makalah ini pada waktu yang akan
datang.
Denpasar, 20 maret 2017
Penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN
SAMPUL......................................................................................... i
KATAPENGANTAR.......................................................................................... ii
DAFTAR
ISI....................................................................................................... iii
BAB
1. PENDAHULUAN...................................................................................
1.1LatarBelakang........................................................................................... 1
1.2 RumusanMasalah..................................................................................... 2
1.3 Tujuan...................................................................................................... 2
1.4Luaran Yang Diharapkan.......................................................................... 3
1.5Kegunaan.................................................................................................. 3
BAB
2. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA........................................ 4
2.1 GambaranUmumRencana Usaha............................................................. 4
2.2 AnalisisKebutuhan Usaha........................................................................ 5
2.3 Analisis Usaha......................................................................................... 9
2.4 Menghitung Break Point (BEP)............................................................... 10
2.5 Analisis Modal Usaha.............................................................................. 10
BAB 3. METODE
PELAKSANAAN.................................................................. 11
3.1 AlatdanBahan.....................................................................................
11
3.2 IdentifikasiMasalah............................................................................. 12
3.3 Langkah-langkahpemasaran................................................................. 13
BAB
4. KESIMPULAN.................................................................................... 15
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Jagung merupakan salah satu komoditas yang biasa
diolah mejadi makanan yang beraneka ragam salah satunya adalah keripik jagung.
Walaupun keripik jagung telah lama dikenal, namun distribusi pemasarannya masih
dalam skala lokal akibatnya keripik jagung kurang begitu dikenal oleh
masyarakat. Masih jarang wisatawan yang memanfaatkan jagung untuk diolah
menjadi keripik. Umumnya jagung diolah menjadi pop corn, tepung, dan lainnya
untuk kebutuhan pakan ternak. Melihat peluang ini, kami berkeinginan
mengembangkan keripik jagung menjadi salah satu alternatif makanan ringan yang
sehat ditengah maraknya makanan ringan yang disinyalir banyak mengandung bahan
pengawet yang berbahaya bagi kesehatan.
Jagung mempunyai nilai karbohidrat
yang tinggi juga mempunyai nilai gizi yang tinggi. Oleh karena itu keripik
jagung dapat dimasukan dalam kategori cemilan diet karena merupakan produk
cemilan yang bebas kolesterol dan kadar gulannya cukup rendah. Dilihat dari
nilai kalorinnya, keripik jagung hampir sama dengan produk hasil olahan dari
beras, bahkan juga mempunyai keunggulan bila dibandingkan dengan produk cemilan
lainnya karena keripik jagung mempunyai kandungan asam lemak esensial yang
sangat bermanfaat bagi pencegahan penyakit penyempitan pembuluh darah.
Kandungan minyak jagung yang bebas kolesterol dapat mencegah penyakit pellagra
(penyakit kulit kasar).
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut
dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
1.2.1
Bagaimanakah usaha untuk
menciptakan cemilan pangan baru yaitu
KERIPIK
JAGUNG BERANEKA RASA menjadi suatu produk yang bernilai ekonomis?
1.2.1 Bagaimana metode pelaksanaan
produk KERIPIK JAGUNG BERANEKA RASA?
1.2.3 Apakah usaha KERIPIK JAGUNG BERANEKA RASA
layak untuk dijalankan?
1.3
Tujuan
Tujuan
dari usaha pembuatan dan komersialisasi KERIPIK JAGUNG ANEKA RASA ini, adalah:
1.3.1
Untuk menciptakan peluang usaha KERIPIK
JAGUNG ANEKA RASA yang bernilai ekonomis
1.3.2
Mengetahui metode pelaksanaan produksi KERIPIK JAGUNG ANEKA RASA
1.3.3
Mengetahui apakah usaha KERIPIK JAGUNG ANEKA RASA ini layak atau tidak
untuk dijalankan.
1.4 Luaran
yang diharapkan
Dengan usaha ini diharapkan dapat
memenuhi kebutuhan masyarakat terutama kalangan pecinta cemilan KERIPIK JAGUNG
ANEKA RASA dan menciptakan peluang usaha baru. Konsumen yang pertama dibidik
adalah mahasiswa. Dengan keunggulan usaha ini, yang menawarkan harga yang lebih
terjangkau.
1.5 Keunggulan
Manfaat utama yang ingin didapat dari usaha ini
adalah menumbuhkan jiwa kreatifitas dan kewirausahaan. Selain itu, dengan
adanya usaha ini diharapkan mampu mendatangkan nilai ekonomis yang tinngi.
Usaha ini nanti akan menjadi salah satu upaya untuk memberikan inovasi berupa
sumber makanan rasa baru bagi masyarakat, dengan bahan baku jagung.
BAB II
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
2.1 Gambaran Umum Rencana Usaha
Usaha ini dimulai dengan
menjalin kerjasama dengan petani jagung.
Bahan baku yang telah diperoleh akan dipusatkan pada lokasi usaha dengan
bangunan yang terdiri dari dapur dan toko penjualan untuk proses pengolahan dan
penjualan.
Langkah-langkah
yang ditempuh dalam pengolahan produksi antara lain
1. Desain produk
Untuk kemasan produk,
kami memilih untuk menggunakan plastik selain terjaga kehigienisannya, plastic
ini juga membuat tampilan penyajian lebih menarik dan lebih praktis.
2. Pertimbangan utama penentuan lokasi usaha
Lokasi usaha yang kami
pilih adalah ditengah pemukiman warga dan dekat dengan sekolah-sekolah, dengan
pertimbangan lokasi tersebut dekat dengan konsumen yang akan dituju.
3. Pengawasan
kualitas
Untuk proses pengawasan akan
dilakukan dengan memperhatikan kebersihan dapur dan juga alat-alat yang
digunakan. Selain itu juga harus menggunakan bahan yang segar dan berkwalitas
dengan cara membeli langsung ditempat petani.
2.2 Analisis Kebutuhan Usaha
2.2.1 Biaya Tetap/Fixed Cost (FC)
A.
Sarana Tidak Bergerak
B.
Sarana Bergerak
No
|
Nama
|
Jumlah
|
Harga satuan (Rp)
|
Biaya (Rp)
|
1
|
Sepeda motor supra x 125 bekas
|
1 unit
|
6.000.000
|
6.000.000
|
Total
|
6.000.000
|
|||
C.
Alat-alat Usaha
No
|
Nama
|
Jumlah
|
Harga satuan (Rp)
|
Biaya (Rp)
|
1
|
Panci
|
1
|
30.000
|
30.000
|
2
|
Penggiling jagung basah
|
1
|
100.000
|
100.000
|
3
|
Pembuat lembaran adonan
|
1
|
80.000
|
80.000
|
4
|
Wajan
|
1
|
30.000
|
30.000
|
5
|
Pisau
|
1
|
7.000
|
7.000
|
6
|
Kompor gas
|
1
|
180.000
|
180.000
|
7
|
Tanki gas
|
1
|
70.000
|
70.000
|
8
|
Loyang
|
1
|
10.000
|
10.000
|
9
|
Sendok/sutil
|
1
|
5.000
|
5.000
|
10
|
Nampan
|
1
|
10.000
|
10.000
|
11
|
Baskom
|
1
|
15.000
|
15.000
|
12
|
Ember
|
1
|
10.000
|
10.000
|
Total
|
537.000
|
|||
2.2.2
Biaya Produksi/Biaya Variable (FC)
D .Bahan-Bahan Usaha
No
|
Nama
|
Jumlah
|
Harga satuan (Rp)
|
Biaya (Rp)
|
1
|
Jagung pipil
|
30 kg
|
3.000
|
150.000
|
2
|
Minyak goreng
|
5 liter
|
50.000
|
50.000
|
3
|
Kapur sirih
|
1 kg
|
10.000
|
10.000
|
4
|
Flavor
|
1 liter
|
8.000
|
8.000
|
5
|
Garam
|
5 kg
|
2.000
|
10.000
|
6
|
Gula pasir
|
25 kg
|
7.000
|
35.000
|
7
|
Air gallon
|
1 buah
|
6.000
|
6.000
|
8
|
Plastic kemasan
|
600 eksmpl
|
100
|
60.000
|
Total
|
329.000
|
|||
E. Lain-lain
No
|
Nama
|
Jumlah
|
Satuan harga (Rp)
|
Biaya (Rp)
|
1
|
Bensin
|
10 liter
|
8.000/liter
|
80.000
|
2
|
Pulsa telfon
|
Per bulan
|
30.000
|
30.000
|
3
|
Air
|
Per bulan
|
80.000
|
80.000
|
4
|
Listrik
|
Per bulan
|
100.000
|
100.000
|
Total
|
290.000
|
|||
2.2.3
Kebutuhan Modal Seluruh Usaha
Point
|
Jumlah (Rp)
|
A
|
0
|
B
|
6.000.000
|
C
|
537.000
|
D
|
329.000
|
E
|
290.000
|
Total (Rp)
|
Point
|
Jumlah (Rp)
|
A
|
0
|
B
|
6.000.000
|
C
|
537.000
|
Total
|
6.537.000
|
2.2.5 Biaya Produksi/Variable=VC
Point
|
Jumlah (Rp)
|
D
|
329.000
|
E
|
290.000
|
Total (Rp)
|
619.000
|
2.2.6 Analisis Modal Usaha
Modal sendiri = Rp 9.000.000
Modal pinjaman =Rp 0
Total modal tersedia =Rp
9.000.000
Saving
=
Total modal tersedia - kebutuhan modal usaha
=Rp.
9.000.000 – Rp.7.156.000
=Rp.1.844.000
2.2.7
Pemasukan/Penerimaan
KERIPIK
JAGUNG ANEKA RASA rata-rata per
hari terjual 20 bks. Harga satuan Rp.13.251 × 20 per hari =265.020. jadi total
penerimaan per bulan =Rp 265.020 × 30 =7.950.600 (terjual 600 bks per bulan)
2.2.8 Menentukan Harga Pokok
Diketahui
VC
|
=Biaya
Produksi ( Rp 619.000 ) per bulan
=Rp 619.000 : 600 =Rp 1.031
|
FC
|
=Biaya tetap / diam (6.537.000)
/ tahun
|
TS
|
=total penjualan (600 buah / bulan)
|
Harga pokok = VC + FC TS
Harga pokok = Rp 1.031 + 6.537.000
600
=Rp 1.031 +
Rp 10.895
=Rp 11.926,-
2.2.9 Cost
Plus Pricing dengan Mark Up (harga pokok dengan penambahan laba
Diketahui
Harga pokok = Rp 11.926,-
Laba
yang diinginkan = 10% (10/100=0,1)
= 11.926
(1- 0.1)
=11.926
0.9
=Rp
13.251
2.3 Analisis Usaha
2.3.1 Analisis Pendapatan Usaha/Saldo = penerimaan
– biaya produksi perbulan
Saldo = Rp 7.950.600 – 619.000
= Rp 7.331.000
2.3.2 Analisis Efisiensi Ratio (R/C Ratio)
= penerimaan
Biaya produksi / bulan
= Rp 7.950.600
619.000
= 12.8
Nilai R/C > 1 (usaha layak dijalankan
)
2.3.3 Analisis Rentabilitas
=
Pendapatan Usaha (Saldo/bulan) × 100%
Biaya produksi per bulan
= Rp
7.331.000 × 100%
619.000
= 11.8 × 100
= 1.180 %
2.4 Menghitung
Break Event Point
(BEP)
Diketahui
FC = Biaya tetap = 6.537.000
VC = Biaya Variabel /Biaya Produksi
/Produk = 1.031
P
= Harga Penjualan / Produk =11.926
BEP (Unit Terjual) = FC
P-VC
= Rp 6.537.000
Rp
11.926- Rp 1.031
= Rp 6.537.000
Rp
10.895
= 600
BEP (Harga ) = FC = FC × P
1-VC P-VC
= Rp 6.537.000 × Rp 11.926
Rp 11.926- Rp 1.031
= Rp 600 × Rp 11.926
= Rp
7.155.600
BAB III
METODE PELAKSANAAN
3.1.1
Alat dan Bahan
Adapun
bahan-bahan yang diperlukan dalam usaha ini adalah
Ø Jagung
pipil 150 kg
Ø Minyak
goreng 100 kg
Ø Kapur
sirih 7.5 kg
Ø Flavor
12.5 kg
Ø Garam
25 kg
Ø Gula
pasir 50 kg
Ø Air
gallon 25 buah
Ø Plastic
kemasan 2500 eksmpl
Pengolahan bahan menjadi KERIPIK
JAGUNG ANEKA RASA
Ø Pembuatan larutan kapur. Untuk
membuat 10 liter larutan kapur dilakukan dengan menambahkan 50 gram kapur sirih
kedalam 10 liter air. Setelah itu dilakukan pengadukan sampai semua kapur
larut. Kedalam larutan kapur juga ditambahkan garam 50 gram dan minyak goreng 1
sendok. Penambahan minyak goreng bertujuan untuk mencari terbentuknya busa yang
berlebihan pada saat perebusan jagung.
Ø
Perebusan didalam larutan kapur.
Biji jagung direbus dalam larutan kapur selama 2- 2.5 jam. Setiap 1 kg jagung
membutuhkan sampai 10 liter larutan kapur.
Ø Setelah perebusan , jagung dibiarkan
terendam didalam larutan kapur selama 16-24 jam. Selama rendaman di lakukan
pengadukan beberapa kali.
Ø Setelah rendam jagung di tiriskan
dan dicuci berulang-ulang dengan air bersih untuk menghilangkan sisa kapur.
Ø Jagung yang telah ditiriskan
ditambah dengan bawang putih, dan merica halus.
Ø Jagung yang telah dibumbui digiling
sampai halus dan rata.
Ø Adonan ditipiskan sehingga membentuk
lembaran tipis. Lembaran tipis adonan dipotong-potong dengan ukuran 1-3 cm
berbentuk persegi.
Ø Keripik basah jagung dijemur sampai
kering, atau dikeringkan dengan alat pengering sampai kadar air dibawah 8%.
Ø Keripik mentah jagung digoreng
dengan minyak panas (suhu 170ºc) selama 10-15 menit.
Ø Setelah keripik jagung masa, keripik
ditambahkan dengan bumbu aneka rasa sesuai selera.
Ø Pengemasa.
Keripik jagung yang telah digoreng
dikemas didalam kantong plastik.
3.2 Langkah-Langkah Pemasaran
1. Cara Memperkenalkan Produk
Produk KERIPIK JAGUNG
ANEKA RASA dikenal sebagai cemilan alternativ yang sehat karena dalam proses
pembuatannya menggunakan bahan-bahan alami tanpa menggunakan zat kimia atau
bahan pengawet. dimana pada pengenalan produk ini yang ditonjolkan adalah bahan
baku produk yang berasal dari bahan yang selama ini belum dimanfaatkan secara
optimal, tetapi memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.
Produk KERIPIK JAGUNG
ANEKA RASA dikenalkan melalui pemberian informasih secara langsung ketika
melakukan direct selling. Juga dengan ikut serta dalam ivent-ivent bazar yang
akan diselenggarakan oleh organisasi mahasiswa.
2. Harga Bersaing
Produk KERIPIK JAGUNG
ANEKA RASA dengan bahan baku jagung ini diperoleh dari kerjasama masyarakat
yang usaha utamannya adalah petani jagung. Dengan bahan baku yang mudah didapat
dan dengan harga yang murah maka nilai produksi tidak menghabiskan banyak biaya
untuk itu produk ini yang ditawarkan ke konsumen utama yang menjadi sasaran
adalah kalangan mahasiswa sehingga harga mampu bersaing dan bersahabat dengan
konsumen.
3.
Teknik Promosi
Strategi yang akan
dilakukan dalam promosi dan pemasaran antara lain:
1)
Promosi dengan menyebarkan pamflet, dari
mulut ke mulut, dan media social (online).
2)
Ikut serta dalam ivent-ivent bazaar yang
diselenggarakan oleh organisasi kalangan mahasiswa.
3)
Meningkatkan teknologi pengelolaan dan
kemampuan manajerial.
4.Distribusi
dan Kontrol Pasar
Pemasaran dari produk ini akan
dimulai dengan penjualan di toko untuk mendistribusikan produk dari penjual ke
konsumen. Kontrol pasar dilakukan dari perkembangan pasar yaitu daya beli
konsumen terhadap produk usaha semakin banyak pembeli maka semakin besar
peluang untuk mengembangkan usaha.
BAB IV
KESIMPULAN
Jagung yang diolah dapat menjadi suatu
makanan cemilan dengan nilai yang lebih ekonomis. Metode pelaksanaan dimulai
dari tahapan pengerjaan dengan persiapan alat dan bahan kemudian dilanjutkan
dengan pembuatan produk dan proses promosi.

Komentar
Posting Komentar