makalah kewirausahaan KERIPIK JAGUNG ANEKA RASA



Kata pengantar
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan anugerah-Nya sehingga saya sebagai penyusun dapat menyelesaikan makalah kewirausahaan biologi yang berjudul “KERIPIK JAGUNG ANEKA RASA”
Makalah kewirausahaan biologi yang penulis susun ini ditunjukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan Biologi. Tidak lupa pula ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada dosen pengampu dan kepada semua pihak yang dengan caranya masing-masing untuk membantu kami.
Tiada karya manusia yang sempurna, demikian juga dalam penyusunan makalah ini. Oleh karena itu, saran dan kritik yang mengarah pada perbaikan makalah ini sangat saya harapkan baik dari dosen maupun teman-teman ataupun para pembaca yang sangat kami harapkan untuk kesempurnaan makalah ini pada waktu yang akan datang.





                                                                                Denpasar, 20 maret 2017
                                                                                  
                                                                                         Penulis





Oval:     ii
 


DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL......................................................................................... i
KATAPENGANTAR.......................................................................................... ii
DAFTAR ISI....................................................................................................... iii
BAB 1. PENDAHULUAN...................................................................................   
         1.1LatarBelakang........................................................................................... 1
         1.2 RumusanMasalah..................................................................................... 2
         1.3 Tujuan...................................................................................................... 2
         1.4Luaran Yang Diharapkan.......................................................................... 3
         1.5Kegunaan.................................................................................................. 3
BAB 2. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA........................................ 4
         2.1 GambaranUmumRencana Usaha............................................................. 4
         2.2 AnalisisKebutuhan Usaha........................................................................ 5
         2.3 Analisis Usaha......................................................................................... 9
         2.4 Menghitung Break Point (BEP)............................................................... 10
         2.5 Analisis Modal Usaha.............................................................................. 10
BAB 3. METODE PELAKSANAAN.................................................................. 11
         3.1 AlatdanBahan..................................................................................... 11
         3.2 IdentifikasiMasalah............................................................................. 12
         3.3 Langkah-langkahpemasaran................................................................. 13
BAB 4. KESIMPULAN.................................................................................... 15
 


Oval:     iii
 
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Jagung merupakan salah satu komoditas yang biasa diolah mejadi makanan yang beraneka ragam salah satunya adalah keripik jagung. Walaupun keripik jagung telah lama dikenal, namun distribusi pemasarannya masih dalam skala lokal akibatnya keripik jagung kurang begitu dikenal oleh masyarakat. Masih jarang wisatawan yang memanfaatkan jagung untuk diolah menjadi keripik. Umumnya jagung diolah menjadi pop corn, tepung, dan lainnya untuk kebutuhan pakan ternak. Melihat peluang ini, kami berkeinginan mengembangkan keripik jagung menjadi salah satu alternatif makanan ringan yang sehat ditengah maraknya makanan ringan yang disinyalir banyak mengandung bahan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan.
            Jagung mempunyai nilai karbohidrat yang tinggi juga mempunyai nilai gizi yang tinggi. Oleh karena itu keripik jagung dapat dimasukan dalam kategori cemilan diet karena merupakan produk cemilan yang bebas kolesterol dan kadar gulannya cukup rendah. Dilihat dari nilai kalorinnya, keripik jagung hampir sama dengan produk hasil olahan dari beras, bahkan juga mempunyai keunggulan bila dibandingkan dengan produk cemilan lainnya karena keripik jagung mempunyai kandungan asam lemak esensial yang sangat bermanfaat bagi pencegahan penyakit penyempitan pembuluh darah. Kandungan minyak jagung yang bebas kolesterol dapat mencegah penyakit pellagra (penyakit kulit kasar).
Oval:     1            Melihat fakta tersebut semakin memperkuat keinginan kami untuk menjalankan usaha keripik jagung dengan melakukan inovasi pada produk keripik jagung yaitu dengan rasa yang beraneka ragam, seperti rasa manis, pedas,  asin, barbeque, ayam bakar, jagung bakar, atau kombinasi dari beberapa rasa. Sehingga lebih disukai oleh konsumen karena mempunyai banyak pilihan rasa. Produk keripik jagung ini sangat tepat utuk memenuhi kebutuhan akan makanan ringan  yang sehat karena kebutuhan konsumen yang semakin sadar dengan kesehatan dan sedang meluangkan perhatian yang banyak tentang jenis-jenis produk yang alami. Peluang usaha ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menambah pendapatan dan bisa meringankan beban studi yang semakin hari semakin meningkat. Selain itu kegiatan ini juga dapat melatih mahasiswa untuk berwiraswasta dan meningkatkan kemampuan bekerja dalam tim sehingga bisa meningkatkan soft skill mahasiswa yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi era global seperti saat ini.
1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
1.2.1   Bagaimanakah usaha untuk menciptakan cemilan pangan baru yaitu
KERIPIK JAGUNG BERANEKA RASA menjadi suatu produk yang bernilai ekonomis?
1.2.1 Bagaimana metode pelaksanaan produk KERIPIK JAGUNG BERANEKA RASA?
1.2.3  Apakah usaha KERIPIK JAGUNG BERANEKA RASA layak untuk dijalankan?

1.3 Tujuan
        Tujuan dari usaha pembuatan dan komersialisasi KERIPIK JAGUNG ANEKA RASA ini, adalah:
1.3.1   Untuk menciptakan peluang usaha KERIPIK JAGUNG ANEKA RASA yang bernilai ekonomis
1.3.2  Mengetahui metode pelaksanaan produksi KERIPIK JAGUNG ANEKA RASA
1.3.3   Mengetahui apakah usaha KERIPIK JAGUNG ANEKA RASA ini layak atau tidak untuk dijalankan.
Oval:     2                         
1.4  Luaran yang diharapkan
Dengan usaha ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terutama kalangan pecinta cemilan KERIPIK JAGUNG ANEKA RASA dan menciptakan peluang usaha baru. Konsumen yang pertama dibidik adalah mahasiswa. Dengan keunggulan usaha ini, yang menawarkan harga yang lebih terjangkau.
1.5  Keunggulan
Manfaat utama yang ingin didapat dari usaha ini adalah menumbuhkan jiwa kreatifitas dan kewirausahaan. Selain itu, dengan adanya usaha ini diharapkan mampu mendatangkan nilai ekonomis yang tinngi. Usaha ini nanti akan menjadi salah satu upaya untuk memberikan inovasi berupa sumber makanan rasa baru bagi masyarakat, dengan bahan baku jagung.




















Oval:     3
 
BAB II
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

2.1   Gambaran Umum Rencana Usaha
                 Usaha ini dimulai dengan menjalin kerjasama dengan petani jagung.  Bahan baku yang telah diperoleh akan dipusatkan pada lokasi usaha dengan bangunan yang terdiri dari dapur dan toko penjualan untuk proses pengolahan dan penjualan.
Langkah-langkah yang ditempuh dalam pengolahan produksi antara lain
1.       Desain produk
Untuk kemasan produk, kami memilih untuk menggunakan plastik selain terjaga kehigienisannya, plastic ini juga membuat tampilan penyajian lebih menarik  dan lebih praktis.
2.       Pertimbangan utama penentuan lokasi usaha
Lokasi usaha yang kami pilih adalah ditengah pemukiman warga dan dekat dengan sekolah-sekolah, dengan pertimbangan lokasi tersebut dekat dengan konsumen yang akan dituju.
3.      Pengawasan kualitas
Untuk proses pengawasan akan dilakukan dengan memperhatikan kebersihan dapur dan juga alat-alat yang digunakan. Selain itu juga harus menggunakan bahan yang segar dan berkwalitas dengan cara membeli langsung ditempat petani.







Oval:     4
 


2.2  Analisis Kebutuhan Usaha
            2.2.1 Biaya Tetap/Fixed Cost (FC)
A.                Sarana Tidak Bergerak 

B.                 Sarana Bergerak
No
Nama
Jumlah
Harga satuan (Rp)
Biaya (Rp)
1
Sepeda motor supra x 125 bekas
1 unit
6.000.000
6.000.000
Total
6.000.000

C.        Alat-alat Usaha
No
Nama
Jumlah
Harga satuan (Rp)
Biaya (Rp)
1
Panci
1
30.000
30.000
2
Penggiling jagung basah
1
100.000
100.000
3
Pembuat lembaran adonan
1
80.000
80.000
4
Wajan
1
30.000
30.000
5
Pisau
1
7.000
7.000
6
Kompor gas
1
180.000
180.000
7
Tanki gas
1
70.000
70.000
8
Loyang
1
10.000
10.000
9
Sendok/sutil
1
5.000
5.000
10
Nampan
1
10.000
10.000
11
Baskom
1
15.000
15.000
12
Ember
1
10.000
10.000
Total
537.000
Oval:     5
2.2.2 Biaya Produksi/Biaya Variable (FC)
            D .Bahan-Bahan Usaha
No
Nama
Jumlah
Harga satuan (Rp)
Biaya (Rp)
1
Jagung pipil
30 kg
3.000
150.000
2
Minyak goreng
5 liter
50.000
50.000
3
Kapur sirih
1 kg
10.000
10.000
4
Flavor
1 liter
8.000
8.000
5
Garam
5 kg
2.000
10.000
6
Gula pasir
25 kg
7.000
35.000
7
Air gallon
1 buah
6.000
6.000
8
Plastic kemasan
600 eksmpl
100
60.000
Total
329.000

            E. Lain-lain
No
Nama
Jumlah
Satuan harga (Rp)
Biaya (Rp)
1
Bensin
10 liter
8.000/liter
80.000
2
Pulsa telfon
Per bulan
30.000
30.000
3
Air
Per bulan
80.000
80.000
4
Listrik
Per bulan
100.000
100.000
Total
290.000

2.2.3 Kebutuhan Modal Seluruh Usaha
Point
Jumlah (Rp)
A
0
B
6.000.000
C
537.000
D
329.000
E
290.000
Total (Rp)
Oval:     6 7.156.000
Oval:     7             2.2.4 Biaya Tetap/Diam=FC
Point
Jumlah (Rp)
A
0
B
6.000.000
C
537.000
Total
6.537.000



            2.2.5 Biaya Produksi/Variable=VC
Point
Jumlah (Rp)
D
329.000
E
290.000
Total (Rp)
619.000

            2.2.6 Analisis Modal Usaha
                        Modal sendiri            = Rp 9.000.000
                        Modal pinjaman        =Rp 0 
                        Total modal tersedia =Rp 9.000.000
           
                        Saving
= Total modal tersedia - kebutuhan modal usaha
=Rp. 9.000.000 – Rp.7.156.000
=Rp.1.844.000
           

2.2.7 Pemasukan/Penerimaan
KERIPIK JAGUNG ANEKA RASA           rata-rata per hari terjual 20 bks. Harga satuan Rp.13.251 × 20 per hari =265.020. jadi total penerimaan per bulan =Rp 265.020 × 30 =7.950.600 (terjual 600 bks per bulan)

            2.2.8 Menentukan Harga Pokok
                        Diketahui
                                                                                               
VC
=Biaya Produksi ( Rp 619.000 ) per bulan
     =Rp 619.000 : 600 =Rp 1.031
FC
     =Biaya tetap  / diam (6.537.000) / tahun
TS
     =total penjualan (600 buah / bulan)

            Harga pokok = VC +  FC                                                                                                                               TS
            Harga pokok = Rp 1.031 + 6.537.000
                                                           600
                                    =Rp 1.031 + Rp 10.895
                                    =Rp 11.926,-






Oval:     8
 
2.2.9   Cost Plus Pricing dengan Mark Up (harga pokok dengan                 penambahan laba
                 Diketahui
                 Harga pokok                       = Rp 11.926,-

Laba yang diinginkan                         = 10% (10/100=0,1)
                                                            = 11.926
                                                               (1- 0.1)
                                                            =11.926
                                                                0.9

                                                            =Rp 13.251
2.3  Analisis Usaha
2.3.1   Analisis Pendapatan Usaha/Saldo = penerimaan – biaya produksi  perbulan
           Saldo   = Rp 7.950.600 – 619.000
                        = Rp 7.331.000

2.3.2  Analisis Efisiensi Ratio (R/C  Ratio)
           =     penerimaan
                  Biaya produksi / bulan
           =    Rp 7.950.600
                   619.000
           =     12.8
       Nilai R/C > 1 (usaha layak dijalankan )



Oval:     9
 
2.3.3  Analisis Rentabilitas
           =   Pendapatan Usaha (Saldo/bulan) × 100%
                Biaya produksi per bulan
           =    Rp 7.331.000 × 100%
                       619.000
           =    11.8 × 100
           =    1.180 %
2.4   Menghitung  Break  Event  Point  (BEP)
        Diketahui
            FC = Biaya tetap                                                  = 6.537.000           
            VC = Biaya Variabel /Biaya Produksi /Produk  = 1.031
            P   = Harga Penjualan / Produk                             =11.926
        BEP  (Unit Terjual)  =                 FC
                                                            P-VC
                                        =                  Rp 6.537.000
                                                            Rp 11.926- Rp 1.031

                           =                   Rp 6.537.000
                                                Rp 10.895
                           =                   600
       BEP (Harga )          =                   FC                   = FC  × P
                                                            1-VC                P-VC
                                      =                    Rp 6.537.000  ×  Rp 11.926
                                                            Rp 11.926- Rp 1.031
                                      =                    Rp 600 × Rp 11.926
                                      =                    Rp 7.155.600
Oval:     10             Jadi BEP ( titik impas/ titik pulang pokok ) tercapai ketika penjualan barang sebanyak 600 buah dengan hasil pejualan sebesar Rp 7.155.600
BAB III
METODE PELAKSANAAN
3.1.1        Alat dan Bahan
Adapun bahan-bahan yang diperlukan dalam usaha ini adalah
Ø  Jagung pipil 150 kg
Ø  Minyak goreng 100 kg
Ø  Kapur sirih 7.5 kg
Ø  Flavor 12.5 kg
Ø  Garam 25 kg
Ø  Gula pasir 50 kg
Ø  Air gallon 25 buah
Ø  Plastic kemasan 2500 eksmpl
Pengolahan bahan menjadi KERIPIK JAGUNG ANEKA RASA
Ø  Pembuatan larutan kapur. Untuk membuat 10 liter larutan kapur dilakukan dengan menambahkan 50 gram kapur sirih kedalam 10 liter air. Setelah itu dilakukan pengadukan sampai semua kapur larut. Kedalam larutan kapur juga ditambahkan garam 50 gram dan minyak goreng 1 sendok. Penambahan minyak goreng bertujuan untuk mencari terbentuknya busa yang berlebihan pada saat perebusan jagung.
Ø  Oval:     11 Perebusan didalam larutan kapur. Biji jagung direbus dalam larutan kapur selama 2- 2.5 jam. Setiap 1 kg jagung membutuhkan sampai 10 liter larutan kapur.
Ø  Setelah perebusan , jagung dibiarkan terendam didalam larutan kapur selama 16-24 jam. Selama rendaman di lakukan pengadukan beberapa kali.
Ø  Setelah rendam jagung di tiriskan dan dicuci berulang-ulang dengan air bersih untuk menghilangkan sisa kapur.
Ø  Jagung yang telah ditiriskan ditambah dengan bawang putih, dan merica halus.
Ø  Jagung yang telah dibumbui digiling sampai halus dan rata.
Ø  Adonan ditipiskan sehingga membentuk lembaran tipis. Lembaran tipis adonan dipotong-potong dengan ukuran 1-3 cm berbentuk persegi.
Ø  Keripik basah jagung dijemur sampai kering, atau dikeringkan dengan alat pengering sampai kadar air dibawah 8%.
Ø  Keripik mentah jagung digoreng dengan minyak panas (suhu 170ºc) selama 10-15 menit.
Ø  Setelah keripik jagung masa, keripik ditambahkan dengan bumbu aneka rasa sesuai selera.
Ø  Pengemasa.
Keripik jagung yang telah digoreng dikemas didalam kantong plastik.








Oval:     12
 
3.2       Langkah-Langkah Pemasaran
            1. Cara Memperkenalkan Produk
                        Produk KERIPIK JAGUNG ANEKA RASA dikenal sebagai cemilan alternativ yang sehat karena dalam proses pembuatannya menggunakan bahan-bahan alami tanpa menggunakan zat kimia atau bahan pengawet. dimana pada pengenalan produk ini yang ditonjolkan adalah bahan baku produk yang berasal dari bahan yang selama ini belum dimanfaatkan secara optimal, tetapi memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.
                        Produk KERIPIK JAGUNG ANEKA RASA dikenalkan melalui pemberian informasih secara langsung ketika melakukan direct selling. Juga dengan ikut serta dalam ivent-ivent bazar yang akan diselenggarakan oleh organisasi mahasiswa.
            2. Harga Bersaing
                        Produk KERIPIK JAGUNG ANEKA RASA dengan bahan baku jagung ini diperoleh dari kerjasama masyarakat yang usaha utamannya adalah petani jagung. Dengan bahan baku yang mudah didapat dan dengan harga yang murah maka nilai produksi tidak menghabiskan banyak biaya untuk itu produk ini yang ditawarkan ke konsumen utama yang menjadi sasaran adalah kalangan mahasiswa sehingga harga mampu bersaing dan bersahabat dengan konsumen.
           




Oval:     13
 
3. Teknik Promosi
                        Strategi yang akan dilakukan dalam promosi dan pemasaran antara lain:
1)      Promosi dengan menyebarkan pamflet, dari mulut ke mulut, dan media social (online).
2)      Ikut serta dalam ivent-ivent bazaar yang diselenggarakan oleh organisasi kalangan mahasiswa.
3)      Meningkatkan teknologi pengelolaan dan kemampuan manajerial.
4.Distribusi dan Kontrol Pasar
            Pemasaran dari produk ini akan dimulai dengan penjualan di toko untuk mendistribusikan produk dari penjual ke konsumen. Kontrol pasar dilakukan dari perkembangan pasar yaitu daya beli konsumen terhadap produk usaha semakin banyak pembeli maka semakin besar peluang untuk mengembangkan usaha.










Oval:    14
 
BAB IV
KESIMPULAN
Jagung yang diolah dapat menjadi suatu makanan cemilan dengan nilai yang lebih ekonomis. Metode pelaksanaan dimulai dari tahapan pengerjaan dengan persiapan alat dan bahan kemudian dilanjutkan dengan pembuatan produk dan proses promosi.
Oval:     15 Usaha produksi KERIPIK JAGUNG ANEKA RASA merupakan usaha yang layak untuk dijalankan jika dilihat dari perhitungan analisis.

Komentar

Postingan Populer